Table of Contents

Sunday, November 6, 2016

The Qur'an

AL-Quran

The Final Revelation to Mankind
Wahyu Terakhir Bagi Umat Manusia


What is the Qur’an?


The Word of God
Firman Tuhan

The Qur’an is the literal word of God. The Al-Mighty (Allah in Arabic), revealed to Prophet .” (peace be upon him) through the Angel Gabriel.
Al-quran adalah firman Tuhan yang harfiah. Yang Maha Kuasa ( Allah dalam bahasa Arab), diturunkan kepada Rasulullah Saw melalui malaikat Jibril.

Qur’an 39:1, “The revelation of the Qur'an is from Allah , the Exalted in Might, the Wise.”
Al-Quran 39:1,  Kitab (Al Quran ini) diturunkan oleh Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Guidance for Mankind
Panduan bagi Manusia

The Qur’an is : “The month of Ramadhan [is that] in which was revealed the Qur'an, a guidance for the people and clear proofs of guidance and criterion. So whoever sights [the new moon of] the month, let him fast it; and whoever is ill or on a journey - then an equal number of other days. Allah intends for you ease and does not intend for you hardship and [wants] for you to complete the period and to glorify Allah for that [to] which He has guided you; and perhaps you will be grateful.” (Qur’an 2:185).
Al-Quran adalah :  (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (Al-Quran 2:185)

It provides direction to help mankind judge between right and wrong, without which, man would surely be in loss.
Alquran memberikan arahan kepada manusia untuk membantu menilai antara yang benar dan salah, yang mana tanpa Alquran, orang pasti akan rugi

The Final Revelation
Wahyu Terakhir

The Qur’an is the last scripture revealed by Almighty Allah (God), confirming what little remains in parts of previous scripture and refuting and correcting fabrications and additions which have crept into current day versions of such scriptures.
Alquran adalah kitab suci terakhir yang diwahyukan oleh Allah SWT, memperkuat sedikit dibeberapa sisa-sisa bagian kitab suci sebelumnya dan menyangkal serta memperbaiki fabrikasi dan penambahan-penambahan yang telah berlangsung hingga ke versi kitab suci saat ini.

Qur’an 4:47, “O you who were given the Scripture, believe in what We have sent down [to Muhammad], confirming that which is with you, before We obliterate faces and turn them toward their backs or curse them as We cursed the sabbath-breakers. And ever is the decree of Allah accomplished.”
Al-Quran 4:47. Hai orang-orang yang telah diberi Al Kitab, berimanlah kamu kepada apa yang telah Kami turunkan (Al Quran) yang membenarkan Kitab yang ada pada kamu sebelum Kami mengubah muka(mu), lalu Kami putarkan ke belakang atau Kami kutuki mereka sebagaimana Kami telah mengutuki orang-orang (yang berbuat maksiat) pada hari Sabtu. Dan ketetapan Allah pasti berlaku.”

How was the Qur’an Revealed?
Bagaimana Alquran diwahyukan


The Qur’an was revealed to Muhammad (peace be upon him) and exists only in the language in which it was revealed – Arabic. However, the translation of the meaning of the Qur’an is available in many languages.
Al-quran diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw dan hanya ada dalam bahasa saat diturunkan – yaitu bahasa Arab. Namun, terjemahan arti dari Alquran tersedia dalam banyak bahasa.

The Qur’an was not sent down as a complete book in one revelation; rather, the revelation spanned over a period of 23 years.
Al-quran tidak diturunkan sebagai buku lengkap dalam sekali pewahyuan; sebaliknya, wahyu diturunkan dalam jangka waktu lebih dari 23 tahun.

For the reason, it is essential to know in what circumstances the verses were revealed, in order to have a proper understanding of the Qur’an; otherwise, its teachings could be misunderstood.
Untuk alasan itu, adalah penting untuk mengetahui dalam keadaan seperti apa ayat-ayat tersebut yang diturunkan, agar memiliki pemahaman yang tepat terhadap Al-quran; jika tidak, ajarannya bisa disalahpahami.

How do I know that it is from God?
Bagaimana saya tahu bahwa Alquran berasal dari Allah?


Preservation
Pemeliharaan

The Qur’an is the only religious sacred text that has been in circulation for a lenghty period, and yet remains as pure as the day it was revealed. Nothing has been added, removed or modified from it, since its revelation over 1400 years ago.
Quran adalah satu-satunya kitab suci agama yang telah beredar dalam jangka waktu yang panjang, namun tetap semurni dihari diturunkannya. Tidak ada yang ditambahi, dihapus atau diubah,  semenjak diturunkan lebih dari 1400 tahun yang lalu.

Qur’an 15:9, “Indeed, it is We who sent down the Qur'an and indeed, We will be its guardian.”
Al-quran 15:9, Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.”

Not only has the Qur’an been preserved in written form, but also in the hearts of men, children and women. Today, millions of people have memorised the Qur’an from to cover.
Bukan hanya memiliki Alquran telah dilestarikan dalam bentuk tertulis, tetapi juga didalam hati pria, anak-anak dan para wanita. Hari ini, jutaan orang telah hafal Al-Quran dari awal hingga akhir.

Scientific Miracles
Keajaiban ilmiah

The Qur’an does not contradict modern science but rather, supports it. One of the most remarkable aspects about the Qur’an is that contains many verses which accurately describe natural phenomenon in various fields such as embryology, meteorology, astromony, geology and oceanography. Scientists have found its descriptions incredibly accurate for a book dating back to the 7th century.
Quran tidak bertentangan terhadap ilmu pengetahuan modern melainkan, mendukungnya. Salah satu aspek yang paling luar biasa tentang Al-Qur'an adalah yang berisi banyak ayat yang secara akurat menggambarkan fenomena alam di berbagai bidang seperti embriologi, meteorologi, astromony, geologi dan ilmu kelautan. Para ilmuwan telah menemukan deskripsi yang sangat akurat untuk membukukan kembali abad ke-7.

Qur’an 41:53, “We will show them Our signs in the horizons and within themselves until it becomes clear to them that it is the truth. But is it not sufficient concerning your Lord that He is, over all things, a Witness?”
Qur’an 41:53, Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?

In fact, many of the scientists miracles mentioned in the Qur’an have been discovered only recently, through the modern advancement of technological equipment. Consider the following :
The Qur’an gives a detailed decription of the development of the human embryo. These details were unknown to the scientific community until recent times.
Bahkan, banyak ilmuwan telah menemukan mukjizat-mukjizat yang disebutkan dalam Al-Qur'an baru-baru ini, melalui kemajuan peralatan teknologi modern. Mempertimbangkan hal berikut : Al-quran memberikan penjelasan rinci tentang perkembangan embrio manusia. Rincian ini tidak diketahui oleh komunitas ilmiah sampai beberapa kali.

The Qur’an states that the astronomical objects (stars, planets, moon etc…) were all formed from clouds of dust. Previously unknown, this fact has now become an undisputed principle of modern cosmology.
Al-Quran menyatakan bahwa obyek astronomi (bintang, planet, bulan dll…) semuanya terbentuk dari awan debu. Yang sebelumnya tidak diketahui, fakta ini sekarang telah menjadi prinsip yang tak terbantahkan dari prinsip kosmologi modern.

Modern science has discovered the existence of barriers that allow two seas to meet yet maintain their own temperature, density and salinity.
Ilmu pengetahuan modern telah menemukan adanya hambatan yang memungkinkan dua lautan bertemu namun tetap menjaga suhu mereka sendiri, kepadatan dan salinitas (kadar garam).

These signs of God were clearly stated in the Qur’an more than 1400 years ago.
Tanda-tanda Allah ini jelas dinyatakan dalam Quran lebih dari 1400 tahun yang lalu.

Uniqueness
Keunikan

Ever since its revelation, no person has been able to produce a single chapter like that of the Qur’an in its beauty, eloquence, splendour, wisdom, prophecies, and other perfect attributes.
Sejak Alquran diturunkan, tidak ada satu orangpun yang mampu menciptakan satu bab pun dalam keindahan, kefasihan, kemegahan, kebijaksanaan, nubuat, dan atribut yang sempurna lainnya sebagaimana Al-Qur'an.

Qur’an 2:23, “And if you are in doubt about what We have sent down upon Our Servant [Muhammad], then produce a surah the like thereof and call upon your witnesses other than Allah , if you should be truthful.”
Al-quran 2:23, Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.

The people that rejected Prophet Muhammad (peace be upon him) failed this challenge, eventhough they were extremely eloquent in the language of the Qur’an. This challenge remains unanswered to this very day.
Orang-orang yang menolak Nabi Muhammad Saw gagal dalam tantangan ini, meskipun mereka sangat fasih dalam bahasa Al-Quran. Tantangan ini masih belum terjawab sampai hari ini

No Contradictions
Tidak ada Kontradiksi

When people write, they are bound to make mistakes such as spelling and grammer, contradictory statements, incorrect facts, omission of information, and other various errors. Allah says, “Had it been from other than Allah, they would surely, have found in it (the Qur’an) many contradictions.” Qur’an 4:82.
Ketika orang-orang menulis, mereka pasti untuk melakukan kesalahan seperti ejaan dan tata bahasa, pernyataan yang bertentangan, fakta yang tidak benar, penghilangan informasi, dan berbagai kesalahan lain, Allah berfirman, “Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. (Al-quran 4:82)

The Qur’an has no contradictions whatsoever – be it in scientific explanations of the water cycle, embryology, geology  and cosmology; historical facts and events; or prophecies.
Al-Quran tidak memiliki kontradiksi apapun - baik itu dalam penjelasan ilmiah dari siklus air, embriologi, geologi dan kosmologi; fakta-fakta sejarah dan peristiwa; atau nubuat.

Couldn’t Muhammad have authored it?
Apakah Muhammad yang mengarang Alquran?

The Prophet Muhammad (peace be upon him) was known in history to be illiterate; he could not read nor write. He was not educated in any field that could account for neither the scientific and historical accuracy, nor the literary beauty of this magnificent Book. The precision of historical recounts of previous peoples and civilisations mentioned in the Qur’an is also too great to be authored by any man.
Nabi Muhammad Saw dikenal dalam sejarah sebagai buta huruf; ia tidak bisa membaca ataupun menulis. Dia tidak memiliki pendidikan dalam bidang apapun yang dapat menjelaskan dengan baik akurasi ilmiah dan sejarah, atau keindahan sastra dari Buku megah ini. Ketepatan dalam  menceritakan sejarah bangsa sebelumnya dan peradaban yang disebutkan dalam Al-Qur'an juga terlalu hebat untuk ditulis oleh siapa pun.

Qur’an 10:37, “And it was not [possible] for this Qur'an to be produced by other than Allah , but [it is] a confirmation of what was before it and a detailed explanation of the [former] Scripture, about which there is no doubt, from the Lord of the worlds.”
Alquran 10:37, Tidaklah mungkin Al Quran ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (Al Quran itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam.

Purpose of Revelation
Tujuan dari Wahyu

To Believe in One True God
Untuk Percaya pada Satu Tuhan

“And your god is One God. There is no god but He, the Most Gracious, the Most Merciful.” (Qur’an 2:163).
“Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (Al-Quran 2:163).

The most important topic mentioned throughout the Qur’an is the belief in the One, True God. God informs us that He has no partner, no son, no equal, and that none has the right to be worshipped except Him alone. Nothing is comparable to God and none of His creation resembles Him. The Qur’an also rejected the notion of attributing human qualities and limitations to God.
Topik yang paling penting yang disebutkan di seluruh Quran adalah keyakinan dalam Satu, Tuhan yang benar. Allah memberitahu kita bahwa Dia tidak memiliki pasangan, tidak ada anak, tidak ada yang setara, dan bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Dia saja. Tidak ada yang sebanding dengan Allah dan tidak ada ciptaan-Nya yang menyerupai-Nya. Quran juga menolak gagasan menghubungkan kualitas manusia dan keterbatasan terhadap Allah Swt.

To Reject All False Gods
Untuk Menolak Semua Dewa-Dewa Palsu

Qur’an 4:36,Worship Allah and associate nothing with Him, and to parents do good, and to relatives, orphans, the needy, the near neighbor, the neighbor farther away, the companion at your side, the traveler, and those whom your right hands possess. Indeed, Allah does not like those who are self-deluding and boastful.”
Alquran 4:36,Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,”

Since Allah alone is the only One worthy of worship, false deities and false gods must be rejected. The Qur’an also rejects the notion of attributing divine qualities to anyone or anything other than Allah.
Karena Allah sendiri adalah satu-satunya yang patut disembah, tuhan-tuhan palsu dan dewa-dewa palsu harus ditolak. Al-quran juga menolak gagasan menghubungkan sifat-sifat illahi kepada siapa pun atau apa pun selain Allah.

To Narrate the Stories from the Past
Untuk Mengkisahkan Cerita dari Masa Lalu

The Qur’an contains many narratives with beneficial lessons, including the true stories of previous Prophets such as Adam, Noah, Abraham, Jesus and Moses.
Al-quran mengandung banyak narasi dengan pelajaran yang bermanfaat, termasuk kisah nyata dari nabi-nabi sebelumnya seperti Adam, Nuh, Ibraham, Isa dan Musa.

Of these stories, Allah says, “There was certainly in their stories a lesson for those of understanding. Never was the Qur'an a narration invented, but a confirmation of what was before it and a detailed explanation of all things and guidance and mercy for a people who believe.”  (Qur’an 12:111)
Dari cerita-cerita ini, Allah berfirman, “Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.” (Al-quran 12:111)

To Remind us of the Day of Judgement
Untuk Mengingatkan Kita Pada Hari Kiamat

This Noble Book remind us that everyone will taste death and will be held accountable for all their actions and saying : “And We place the scales of justice for the Day of Resurrection, so no soul will be treated unjustly at all. And if there is [even] the weight of a mustard seed, We will bring it forth. And sufficient are We as accountant.” (Qur’an 21:47)
Buku Mulia ini mengingatkan kita bahwa setiap orang akan merasakan mati dan akan bertanggung jawab atas semua tindakan mereka dan dalam firman: Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan. (Al-quran 21:47).

To Fullfil the Intended Way of Life
Untuk Memenuhi Tujuan Hidup

Importantly, the Qur’an teaches that the purpose of life is to worship God alone, and live one’s life according to the way of life prescribed by Him. In Islam, worship is a comprehensive term that includes all actions and sayings (whether private or public) that Allah loves and is pleased with. Therefore, by doing what Allah commands, a Muslim is worshipping God and fulfilling his purpose in life.
Yang penting, Al-quran mengajarkan bahwa tujuan hidup adalah untuk menyembah Allah saja, dan hidup seseorang sesuai dengan cara hidup yang ditentukan oleh-Nya. Dalam Islam, ibadah adalah istilah yang komprehensif yang mencakup semua tindakan dan ucapan (baik secara pribadi atau umum) yang Allah cintai dan senangi. Oleh karena itu, dengan melakukan apa yang diperintahkan Allah, seorang Muslim menyembah Allah Swt dan memenuhi tujuan hidupnya.

The following are examples of worship from the Qur’an :
Berikut ini adalah contoh ibadah dari Al-Quran :

To pray : “O you who have believed, bow and prostrate and worship your Lord and do good - that you may succeed.” (Qur’an 22:77)
Berdoa : “Hai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.” (Al-Quran 22:77)

To give charity : “So fear Allah as much as you are able and listen and obey and spend [in the way of Allah ]; it is better for your selves. And whoever is protected from the stinginess of his soul - it is those who will be the successful.” (Qur’an 64:16).
Bersedekah : “Dan bertakwalah kamu kepada Allah sepenuh kemampuanmu; dengarlah dan taatlah, serta nafkahkanlah rezeki yang baik untuk dirimu. Dan barangsiapa yang terpelihara dari kekikiran dirinya, itulah mereka yang beruntung.” (Al-Quran 64:16)

To be honest : “And do not mix the truth with falsehood or conceal the truth while you know [it].” (Qur’an 2:42).
Untuk Jujur : “Janganlah kamu campur-adukkan antara yang hak dengan yang batil, dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, padahal kamu mengetahuinya.” (Al-Quran 2:42)

To be modest :
Untuk menjadi sederhana  

Qur’an 24:30, “Tell the believing men to reduce [some] of their vision and guard their private parts. That is purer for them. Indeed, Allah is Acquainted with what they do.”
Al-Quran 24:30, “Katakanlah kepada kaum pria yang beriman, bahwa mereka hendaknya menundukkan pandangan matanya dan memelihara kehormatan dirinya. Itulah yang lebih bersih untuk mereka. Sesungguhnya Allah Maha Waspada terhadap apa yang mereka lakukan!

Qur’an 24:31, “And tell the believing women to reduce [some] of their vision and guard their private parts and not expose their adornment except that which [necessarily] appears thereof and to wrap [a portion of] their headcovers over their chests and not expose their adornment except to their husbands, their fathers, their husbands' fathers, their sons, their husbands' sons, their brothers, their brothers' sons, their sisters' sons, their women, that which their right hands possess, or those male attendants having no physical desire, or children who are not yet aware of the private aspects of women. And let them not stamp their feet to make known what they conceal of their adornment. And turn to Allah in repentance, all of you, O believers, that you might succeed.

Al-Quran 24:31, “Katakanlah kepada wanita yang beriman, agar merekapun menekurkan pandangan pula, dan memelihara anggota kemaluannya. Janganlah mereka memperagakan perhiasannya, kecuali perhiasan luar yang sudah biasa kelihatan saja. Dan hendaklah mereka menutupkan kerudung kepalanya sampai ke dadanya.  Dan jangan pula mereka memperagakan kecantikannya kecuali kepada suaminya, atau ayahnya, atau ayah suaminya, atau putera-puteranya, atau putera-putera suaminya, atau saudara-saudaranya, atau putera-putera dari saudara laki-lakinya, atau putera-putera dari saudara perempuannya, atau wanita-wanita Islam, atau hamba sahaya mereka, atau pelayan-pelayan laki-lakinya yang bebas rasa birahi, atau anak laki-laki yang belum mengerti apa-apa tentang aurat perempuan. Selanjutnya, janganlah mereka menghentakkan kakinya ke tanah untuk menarik perhatian orang dengan gemerincing bunyi gelang perhiasannya yang tersembunyi. Dan bertaubatlah kalian semuanya kepada Allah hai orang-orang yang beriman, semoga kalian beruntung.”  

To be thankful : “And Allah has extracted you from the wombs of your mothers not knowing a thing, and He made for you hearing and vision and intellect that perhaps you would be grateful.” (Qur’an 16:78).
Untuk bersyukur : “Dan Allah mengeluarkanmu dari perut ibumu, dalam keadaan belum mengetahui apa-apa, lalu diberi-Nya pendengaran, pengelihatan dan hati, semoga kamu mensyukurinya.” (Al-Quran 16:78)

To be just : “O you who have believed, be persistently standing firm in justice, witnesses for Allah , even if it be against yourselves or parents and relatives. Whether one is rich or poor, Allah is more worthy of both. So follow not [personal] inclination, lest you not be just. And if you distort [your testimony] or refuse [to give it], then indeed Allah is ever, with what you do, Acquainted.” (Qur’an 4:135)
Menjadi Adil : “Hai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu orang yang benar-benar menegakkan keadilan, menjadi saksi semata-mata karena Allah, biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapak dan kaum kerabatmu. Sekalipun terdakwa itu kaya atau miskin, maka Allah lebih mengutamakan persamaan hak dan kewajiban terhadap keduanya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan. (Al-Quran 4:135)

To be patient : “And be patient, for indeed, Allah does not allow to be lost the reward of those who do good.” Qur’an 11:115
Bersabar : Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tiada menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebaikan.” (Al-Quran 11:115)

To do good : “Allah has promised those who believe and do righteous deeds [that] for them there is forgiveness and great reward.” Qur’an 5:9.
Untuk berbuat baik : Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan yang beramal saleh, (bahwa) untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Al-Quran 5:9)

Conclusion
Kesimpulan

In summary, the Qur’an teaches mankind how to worship the One True God, hence fulfilling their true purpose in life, and attaining success in both this world and the next.
Singkatnya, Quran mengajarkan manusia bagaimana menyembah Tuhan Yang Sejati, maka memenuhi tujuan sejati mereka dalam hidup, dan mencapai sukses di dunia dan akhirat.

Qur’an 39:41 : “Indeed, We sent down to you the Book for the people in truth. So whoever is guided - it is for [the benefit of] his soul; and whoever goes astray only goes astray to its detriment. And you are not a manager over them.”
Al-Quran 39:41 : Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk manusia dengan membawa kebenaran; siapa yang mendapat petunjuk maka (petunjuk itu) untuk dirinya sendiri, dan siapa yang sesat maka sesungguhnya dia semata-mata sesat buat (kerugian) dirinya sendiri, dan kamu sekali-kali bukanlah orang yang bertanggung jawab terhadap mereka.”

Don’t you owe it to yourself to at least read this Noble Book?
Bukankah Anda berutang kepada diri sendiri setidaknya untuk membaca Buku Mulia ini?

For more Islamic materials

Live chat and more                 : www.islamtomorrow.com/
Many Islamic videos online    : www.thedeenshow.com
Free Islamic online books       : www. Islamic-invitation.com/
Free of charge Islamic books : www.islamic-message.net/cims/default.aspx
Who is Muhammad                 : www.rasoulallah.net

Detail Qur’an

QS. 02. Al-Baqarah (The Cow)
QS. 02. Al-Baqarah (Sapi Betina)

QS. 04. An-Nisa (The Women)
QS. 04. An-Nisa (Wanita)

QS. 05. Al-Ma'idah (The Table Spread)

QS. 05. Al-Ma'idah (Hidangan)


QS. 10. Yuunus (Jonah)
QS. 10. Yuunus (Yunus)

QS. 11. Hud

QS. 12. Yusuf (Joseph
QS. 12. Yusuf

QS. 15. Al-Hijr (The Rocky Tract)

QS. 16. An-Nahl (The Bee)
QS. 16. An-Nahl (Lebah)

QS. 21. Al-Anbya (The Prophets)
QS. 21. Al-Anbiya (Nabi-Nabi)

QS. 22. Al-Haj (The Pilgrimage)
QS. 22. Al-Haj (Haji)

QS. 24. An-Nur (The Light)
QS. 24. An-Nur (Cahaya)

QS. 39. Az-Zumar (The Troops)
QS. 39. Az-Zumar (Beberapa Rombongan)

QS. 41. Fush-Shilat (Explained in Detail)
QS. 41. Fush-Shilat (Diperinci)

QS. 64. At-Taghaabun (The Mutual Disillusion)
QS. 64. At-Taghaabun (Kecurangan Tersingkap)

Sumber (Source) :

  • Translator : Lea Sihombing
  • www.quran.com
  • www.tafsirq.com
  •  Terjemah & Tafsir Al-Quran, Bachtiar Surin, Fa. SUMATRA.
  •  Conveying Islamic Message Society Catalog

Conveying Islamic Message Society Catalog, front
Conveying Islamic Message Society Catalog, back







No comments :

Post a Comment